Tips Buat yang Masih Berjuang Di Luar Rumah

Hai kamu! Iya kamu orang-orang yang masih harus berjuang di luar rumah demi keluarga dan hidup. Terimakasih ya untuk selalu kuat dan tetap bertahan di situasi yang sukar seperti ini, kami mengerti ini nggak mudah tapi percayalah kita bisa mengatasi krisis ini bersama-sama.

Kami juga tahu sesampainya di rumah kamu sangat merasa lelah dan ingin secepat mungkin untuk beristirahat. Tapi ingat loh di saat pandemi ini, virus Corona mudah sekali menyebar sehingga sangat disarankan untuk melakukan 4 langkah aman yang bisa dilakukan setibanya di rumah agar menghindari keluarga dari terkenanya covid 19.

#Jaga Jarak & Hindari Kontak 

Bukan berarti kamu dilarang untuk melakukan kontak kepada anggota keluarga, tapi sangat disarankan untuk membersihkan diri, berganti pakaian, serta tidak menyentuh peralatan yang ada di rumah untuk menjamin kebersihan dan mencegah terjadinya penyebaran corona virus. 

Karena perlu diketahui kalau kuman bisa menyebar melalui tangan yang menyentuh peralatan atau benda-benda tersebut.  So, jangan lupa ya untuk mengingatnya saat sampai di rumah. 

#Menggunting masker 

Loh kenapa sih perlu banget di gunting? Jadi begini loh, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Dokter Gigi Wendy Pelupessy dalam dialog Aspirasi Serumpun edisi Kamis 05/03/2020 yang membahas Antisipasi masuknya virus corona di Maluku. 

Beliau mengatakan masker jangan langsung dibuang, tapi digunting terlebih dahulu agar tidak digunakan oleh pihak tertentu yang mencari keuntungan, dan sangat berbahaya untuk kesehatan.

#Menggunakan Disinfektan

Meskipun terlihat sederhana tapi jangan diremehkan ya, karena sama halnya kuman bisa menyebar melalui barang-barang yang kamu bawa. Buang pembungkus lapisan terluar dari barang tersebut, dan pisahkan isi ke tempat yang lebih steril. Terkahir cuci tangan kembali atau gunakan disinfektan untuk menjaga kebersihan.

#Cuci Tangan & Bersihkan Diri

Bagi kamu yang sudah terbiasa memiliki kebiasaan baik ini,  tentunya sangat mudah untuk melakukannya tapi buat mereka yang belum mungkin akan lebih sulit melakukannya. Nah, anggap saja masa masa Covid 19 menjadi titik awal untuk kita bisa memiliki kebiasaan yang baik, dimana mencuci tangan dan segera mandi setelah sampai di rumah. 

#Bersyukur & Berdoa 

Sesulit apapun keadaanmu hari ini cobalah untuk melihat hal baik yang masih kamu miliki, misalnya keluarga yang masih sehat, bisa bernafas, dan hal positif lainnya yang bisa disyukuri. Percayalah kamu tidak sendiri melewati semua ini dan yakinlah badai pasti berlalu.

3 Alasan Kita Cepat Lupa Resolusi yang Sudah dibuat

Siapa yang kemarin mengawali tahun baru dengan resolusi? Pertanyaan berikutnya adalah siapa yang masih masih menjalankan resolusinya di bulan kedua tahun 2020 ini?

So, memang untuk bisa untuk berubah ke arah yang lebih baik, butuh konsistensi yang akan diperkuat dengan mengetahui tujuan-tujuan saat kamu membuatnya. 

Dengan mengetahui tujuan dan goals itulah, yang membuat kamu bisa bertahan sepanjang tahun. Lalu, bagaimana caranya ya biar semangat awal tahun terus bertahan sepanjang tahun? Yuk coba perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Ketahui Alasan Membuat Resolusi

Saat membuat resolusi, pastinya ada target yang ingin dicapai entah hidup yang lebih sehat, kehidupan yang lebih bahagia, atau hubungan antar teman yang lebih menyenangkan

Misalnya, kamu ingin mendapatkan berat badan yang ideal. Maka kamu perlu menemukan alasan utama kamu menginginkan hal tersebut. Bisa jadi, kamu ingin karena ingin terhindar dari penyakit atau karena kamu ingin tampil lebih menarik di suatu acara penting.

Dengan begitu, saat kamu mulai merasa resolusimu tidak penting lagi dan tergiur melakukan hal-hal lain, kamu akan ingat apa yang sebenarnya ingin kamu capai.

2. Buatlah Jadwal dan Langkahnya

Terkadang kita hanya semangat saat merumuskan resolusi saja. Namun saat kita disibukkan dengan hal lain, kita akan mudah lupa. Untuk itu, cobalah membuat perincian mengenai langkah-langkah yang bisa dilakukan agar tujuan tercapai. Dari langkah tersebut, kita juga bisa melakukannya sebagai kebiasaan (habit) dalam sehari-hari. 

3. Beri Penghargaan untuk Dirimu Sendiri

Biasanya, kita membuat resolusi yang cenderung berjangka panjang. Oleh sebab itu, tidak sedikit dari kita yang terhenti di tengah jalan karena merasa sudah melakukan banyak hal, tapi tak kunjung meraih target. Hal tersebut memunculkan perasaan tidak semangat dan berakhir resolusi tidak tercapai.

Jika demikian, biasakanlah untuk memberikan apresiasi kecil kepada diri sendiri. Lakukan review mingguan atas perjalanan yang telah dilakukan. Jika kamu menyadari bahwa perjalanan sudah begitu panjang, biasanya akan lebih termotivasi untuk terus melanjutkan langkah tersebut.  

Kamu Tipe Mana: Multitasker atau Single-Tasker?

“Apa kelebihan kamu?”

“Kelebihan saya multitasking, Pak”

Kamu pernah berada di situasi demikian? 

Kamu pernah berada di situasi demikian? Jika iya, kamu perlu memikirkan ulang atas jawaban itu. Karena bisa jadi, pemahamanmu berbeda dengan orang lain. Lalu, apa sih sebenarnya multitasking itu?

Umumnya, multitasking dipahami sebagai kemampuan seseorang mengerjakan dua kegiatan dalam satu waktu. Misalnya, kamu sedang mengerjakan sesuatu di laptopmu sambil mendengarkan musik melalui earphone. Sesekali, matamu melirik ke layar smartphone untuk mengecek notifikasi chat dari teman. Ya, kurang lebih seperti itu. Tanpa sadar, kita sering sekali multitasking. Bahkan kadang kita merasa hal tersebut merupakan sesuatu yang baik, karena dapat menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Sayangnya, hal tersebut adalah hal yang keliru.

Rebecca G Martin, pakar dunia kerja di New York mengatakan, sebenarnya otak manusia hanya bisa memproses suatu hal pada suatu waktu. Ada pun kemungkinan kita bisa melakukan multitasking adalah kondisi di mana otak kita melakukan fast switching atau berganti tugas dengan cepat. Nah, kondisi tersebut sebenarnya sangatlah tidak efektif karena bisa menurunkan produktivitas.

Bahkan berdasarkan penelitian di Univesitas of Copenhagen, Denmark menunjukkan bahwa otak akan menyimpan lebih sedikit informasi di saat kita kerap berganti fokus dari satu layar ke layar lain. Tak hanya itu, ditemukan juga hasil bahwa hormon yang mengganggu proses berpikir pun akan dikeluarkan. Hal tersebut pada akhirnya sangat mungkin akan menurunkan kecerdasan. 

Nah, ada pun kebalikan dari multitasking adalah single-tasking. Jika kamu mulai merasa cepat lelah saat melakukan pekerjaan, kamu bisa mengevaluasi cara kerjamu. Apakah kamu membuka tabs windows yang sebenarnya tidak diperlukan? Apakah kamu terlalu sering mengecek notifikasi di smartphone saat bekerja? Atau bahkan melakukan pekerjaan sembari mengobrol dengan teman?

Jika kamu sering melakukan hal tersebut, sudah saatnya mengubah kebiasaan dengan menjadi single-tasker. Bisa mulai dari mematikan notifikasi media sosial saat kamu bekerja atau menutup tab windows yang tidak diperlukan untuk mengurangi distraksi. Dengan kamu melakukan single-task, besar kemungkinan kamu tidak akan mudah lelah dan pekerjaan pun selesai lebih cepat.

Nah, kalau kamu tipe yang mana nih?

3 Kebiasaan Orang Sukses yang Bisa Kamu Tiru

Jangan cuma bermimpi ingin sukses, jika kamu belum berusaha untuk menggapainya. Perlu usaha, yang dimulai dengan hal-hal kecil yang harus dimiliki seperti positif mind, kebiasaan yang baik, hingga akhirnya menghasilkan individu berkualitas. Terbukti orang sukses yang kita kenal saat ini memiliki kebiasaan yang baik dan tentunya bisa di tiru

Bangun Lebih Pagi

Oops, kayaknya kebiasaan yang ini sepertinya susah dipraktekan untuk beberapa orang, mengingat jam tidur setiap orang yang berbeda, belum lagi bagi mereka yang memiliki insomnia. 

Ya ngerti kok memang merubah kebiasaan itu bukan soal mudah, maka dari itu sangat disarankan untuk memulai dari hal sederhana, misa kalau kamu terbiasa tidur tengah malam, cobaah untuk memajukan jam tidur satu jam lebih awal. 

Dengan bangun lebih pagi kamu punya waktu lebih banyak, dan tubuh terasa lebih segar loh!

Belajar, Belajar & Belajar 

Baru baca tulisan di atas mungkin sebagian dari kamu udah geleng-geleng kepala. Tunggu belajar disini itu lebih bagaimana kita memperluas kapasitas diri melalui membaca, atau bertukar pikiran dengan orang lain. 

Ingat loh di atas langit selalu ada langit, jadi ada baiknya kamu mencoba mengosongkan gelas ketika bertemu orang lain, serta menjauhi rasa lebih baik dari orang lain. “Never stop learning, because life never stops teaching”

Membangun Networking seluas mungkin

Selain kerja keras, dan mau belajar, kamu juga harus bisa memiliki networking yang luas. Beberapa pakar bisnis mengatakan kalau memiliki networking membuat potensi sukses lebih besar 60%.

Pertanyaannya gimana dong kalau untuk mereka yang pemalu atau introvert? Memang orang dengan kepribadian Introvert, cenderung sulit bergaul dan memulai percakapan terlebih dahulu, tapi tenang saja semua akan ada prosesnya dan hasilnya jika kamu ingin berusaha.

 Nah itu dia 3 kebiasaan orang sukses yang bisa kamu coba. Jangan putus asa jika kamu mengalami jatuh bangun. Terus semangat sobat agent dan percaya masa depan yang sukses ada dalam genggaman.

Cara Sederhana untuk bahagia

Hidup yang bahagia itu seperti apa sih di bayangan kalian?

Materi berlimpah, bisa membeli apapun yang diinginkan atau saat memiliki keluarga yang bahagia?

Definisi bahagia di atas, mungkin hanya mewakili sebagian kecil dari kalian. Tapi tahukah kamu kalau ada yang merasa sangat bahagia dengan cara sederhana, misalnya saat mereka bisa melakukan yang mereka sukai, atau membantu untuk banyak orang.  Disitulah mereka merasa berguna dan bermanfaat untuk orang lain, karena untuk orang seperti ini, melihat senyum orang yang mereka bantu bisa memberikan rasa syukur tersendiri.

Kesenangan batin ini sendiri hal sederhana yang kadang sering terlupakan tapi menjadi kunci penting untuk hidup bahagia. Untuk itu kali ini mimin akan mengajak kamu untuk hidup lebih bahagia dengan cara sederhana

Menjadi Relawan

Banyak cara untuk berbagi salah satunya dengan meluangkan waktu untuk menjadi relawan di daerah bencana untuk daerah yang terkena banjir, atau mengunjungi panti asuhan, melayan orang tua di panti jompo atau mengajar anak-anak di jalanan. 

Berbagi Hal Sederhana

Bukan soal harga, atau jumlah, tapi ketulusan akan pemberian tersebut. Ketulusan tersebut bisa kamu tunjukan dengan memberikan yang terbaik. Misalnya saja seperti memberikan makanan, pakaian atau perlengkapan tidur.

Menjadi Pendengar 

Saat kamu merasa hidup itu berat dan sedih, cobalah untuk membuka diri mendengarkan kisah orang lain. Karena dengan mendengarkan cerita orang lain, kita bisa mengetahui kalau bukan kamu sendiri yang merasa sedih dan memiliki permasalah lebih berat. Tak hanya itu kita sudah mengurangi sedikit beban orang lain.

Menjadi Bagian dari Komunitas

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu berkomunikasi dan membutuhkan orang lain, dan nggak ada salahnya untuk bergabung dalam sebuah komunitas yang bisa mendukung kamu dalam berbagai aspek kehidupan. Namun jika saat ini kamu belum memiliki komunitas, cobalah untuk mencari yang sesuai. Sebagai informasi tambahan ada nih platform yang bukan saja membantu banyak orang untuk meningkatkan taraf hidup mereka, tapi juga memberikan anggota keluarga baru yang bisa berbagi dalam pekerjaan, dimana lagi kalau bukan di big agent Indonesia.

Yakin Kalau Sukses Itu Harus Berpendidikan Tinggi & Pinter?

Pinter & Pendidikan Tinggi itu bukan jaminan sukses! 

Bener banget kamu lagi nggak salah baca kok. Pasalnya mereka yang sukses dan berpengaruh di dunia seperti mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti, hanya bermodal ijazah SMP untuk menjadi menteri. Belum lagi beliau sempet drop out pas SMA, duh!

Tapi terlepas dari segala kekurangannya, wanita kelahiran kecamatan Pangandaran ini tidak putus asa dan menyerah. Terbukti dia berusaha untuk mencari ilmu dengan membaca buku, sampai-sampai ia masuk dalam daftar 10 besar pemikir berpengaruh untuk kategori pertahanan dan keamanan menurut majalah Foreign Policy untuk edisi spesial Global Thinkers. Keren banget ya!

Melihat kisah keberhasilan ibu Susi di atas, kita bisa mengambil kesimpulan kalau selalu ada jalan untuk sukses bergantung pada usaha, dan kemauan untuk belajar yang bisa di dapat darimana saja. Salah satunya dengan membaca, maupun mengikuti training atau workshop,  yang di adakan berbagai lembaga, hingga platform digital seperti BIG Agent yang merupakan produk dari Ralali.com.

Seperti yang sobat Agent tahu kalau di platform digital yang release 2018 lalu, kalian bisa mendapatkan penghasilan sebesar-besarnya, dengan melakukan pekerjaan yang disukai.

 

Cara Menguasai Emosi Negative Saat Dalam Tekanan

Saat merasa lelah, dengan segudang aktivitas seharian dan beum lagi permalasahan lainnya yang menyebalkan, nggak jarang akhirnya membuat emosi kita menjadi meningkat dan berimbas pada orang lain serta membuat orang lain nggak nyaman. 

Ada dalam situasi yang nggak menyenangkan seperti ini, kita dituntut untuk bisa mengatasinya terlebih saat kita berada di lingkungan kerja, agar emosi tidak menguasai diri dan menggangu aktivitas, yuk coba 6 trik mudah ini

Kenali diri sendiri 

Dengan mengetahui kelemahan dan apa yang membuat diri kita mejadi mudah marah, tentunya kita bisa lebih mengerti solusi yang terbaik, serta bisa menghindari berbagai hal yang bisa memicu rasa marah, kecewa, dan frustasi dalam bekerja.

Luapkan Dengan Cara Positif

Setiap yang kamu rasakan dan pikiran cobalah untuk mengeluarkan emosi negative dengan cara menuliskannya atau melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti bernyanyi, olahraga.

Mencari Solusi

Percayalah setiap orang itu yang diam belum tentu baik-baik saja, begitupun mereka yang tersenyum juga memiliki masalahnya sendiri yang terpendam. Perlu kamu tahu setiap orang punya caranya sendiri untuk memecahkan masalahnya, tapi tentunya yang paling efektif untuk masing-masing pribadi. 

Mengalihkan Isi Pikiran

Jika sudah mengetahui solusi yang terbaik untuk masalah yang dialami, cobalah untuk mengalihkan pikiran dengan cara yang cerdas seperti menyimpan ponsel dan apapun yang terkait dengan pekerjaan. 

Me Time

Saat emosi negative menguasi kamu, cobalah untuk mencari waktu untuk sendiri. Karena seringkali di saat emosi meningkat, manusia pada umumnya akan mudah untuk berbicara tanpa dipikirkan terlebih dahulu, dan berujung pada argumentasi. Jangan biarkan emosi menguasi kamu berlebihan ya!

Respect

Selain menguasai ucapan, ada baiknya juga untuk selalu menghargai orang lain. Karena bukan berarti loh, hari yang menyebalkan menjadi alasan untuk tidak menghargai orang lain, atau menyakiti rekan kerja

Tips Mengatur Dompet Agar Aman Hingga Akhir Bulan

Merasa panik melihat saldo di tengah bulan? Hmm, hal kecemasan ini terjadi karena beberapa faktor salah satunya adalah karena kurang tepatnya cara mengatur keuangan. 

Karena memang harus diakui hal yang terlihat sederhana seperti planning dan perencanaan dalam finansial berpengaruh terhadap keuangan loh! Mengingat pentingnya hal di atas dari itu di kesempatan kali ini mimin mau berbagi tips & trik cara mengatur keuangan untuk sobat Agent agar kantong aman hingga akhir bulan.

Buat Skala Prioritas 

Bijak untuk bisa menentukan dan memilih prioritas mana yang harus diutamakan terlebih dulu. Untuk memudahkannya buatlah daftar prioritas dari paling tinggi ke rendah. Pisahkan juga yang mana kebutuhan dan keinginan. 

30:20:50

Apa sih yang dimaksud dengan angka di atas, jadi begini loh sobat Agent perlu kamu tahu saat mendapatkan penghasilan setiap bulannya, pastikan kamu sudah membaginya dengan proposional. Secara persentase dapat dibagi 30 persen untuk ditabung 50 persen untuk dana darurat, sedangkan 20 persen untuk bersenang senang. Bukan masalah jika belum bisa melakukannya, mengingat kebutuhan setiap orang yang berbeda.

Detail 

Selain membuat skala prioritas, dan membaginya secara proporsional, jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran-mu ya! Meskipun terlihat kecil hal sederhana ini bisa membawamu ke masa depan yang lebih baik. Dengan mencatat secara rinci kamu juga bisa menghitung dimana pengeluaran terbesarmu, yang bisa menjadi penyebab kondisi keuangan menjadi bermasalah di akhir bulan.

Waspada Untuk Segala Situasi!

“Sedia payung sebelum hujan” mungkin sudah menjadi pepatah yang sering kamu dengar, tapi sepertinya tidak mudah untuk dilakukan ya, apalagi menyangkut soal keuangan. Besarnya keinginan yang tidak selaras dengan kemampuan, terkadang membuat banyak orang rela menghabiskan dana darurat mereka untuk mendapatkan yang mereka inginkan. 

Memang mengatur keuangan tidak semudah teorinya, tapi belajarlah sedikit demi sedikit agar nantinya kamu terbiasa. Semangat terus ya sobat Agent dimanapun kalian berada.

Nah, itu dia tips cara mengatur keuangan untuk yang bisa diterapkan oleh para pengusaha. Jangan lupa lakukan cek kesehatan keuangan kamu agar usaha tidak terhambat.

Untuk mengetahui insight bisnis lainnya seperti peluang usaha bisnis martabak, aneka resep martabak, bisnis minuman kekinian, atau bubble drink yang lagi hype banget, sampai konsep coffee shop sederhana, semuanya bisa kalian dapatkan di link yang sudah disediakan

5 Makanan ‘ajaib’ yang bisa bikin good mood

Bad day bisa datang kapan aja tanpa permisi, tapi jangan sampai itu menghancurkan mood seharian ya!

Cobalah untuk mencari cara yang tepat untuk melampiaskan emosi tersebut, dan dukung dengan asupan makanan yang bisa bikin harimu lebih baik, apa aja itu? yuk langsung aja cek ulasan makanan yang bisa meningkatkan hormon bahagia

Pisang

Manis, legit dan bermanfaat itulah si Pisang, buah yang bukan cuma enak, mengenyangkan tapi juga kaya akan zat triptofan, asam amino yang bisa membantu kamu meningkatkan kadar bahagia.

Es Krim

Selalu ampuh menjadi makanan pengusir bad day, serta terbuat dari susu segar yang dimana mengandung asam amino tryptophan yang bisa mengurangi stress, meningkatkan hormon bahagia, sekaligus mengurangi insomnia. 

Makanan Pedas

Siapa nih yang disini kalau lagi stress maunya makan yang pedas-pedas, dan merasa lebih baik setelahnya? Ini bukan tanpa alasan loh, karena sebenarnya kandungan kapsaisin dalam cabai, membantu otak memproduksi endorfin yang bikin tubuh lebih baik.

Cokelat 

Menjadi makanan ajaib saat mengalami kecemasan yang tinggi, karena mengandung antioksidan, dan magnesium yang bikin otot lebih rileks. Di samping bermanfaat untuk menurunkan hormon stress atau kortisol.

Alpukat

Memiliki lemak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh, serta kaya kandungan folat & omega tinggi yang mampu mengurangi rasa cemas, dan takut yang berlebihan. Bisa diolah menjadi salad, dan jus.

Nah, dari sederet makanan ajaib di atas, mana yang favorit sobat Agent? Oh ya ada baiknya untuk selalu diingat ya meskipun baik untuk tubuh, makanan yang dikonsumsi berlebihan juga tidak baik. Untuk tahu artikel mengenai tips, trik dan informasi menarik lainnya jangan lupa mampir ke aplikasi BIG Agent setiap harinya, supaya nggak tertinggal informasi terbaru dari kami.

3 Pemikiran sukses yang bisa dipraktekan

Sukses bisa dibilang menjadi impian semua orang, dan untuk mencapai ke titik keberhasilan itu ada proses yang harus dilewati, juga berbeda-beda. Ada yang melewati jalan yang lebih mudah, ada juga yang sulit. Namun jalan apapun yang ditempuh satu hal yang pasti kalau tujuan mereka adalah untuk sukses, dan bahagia.

Satu hal yang tidak boleh terlupa juga adalah bagaimana orang sukses tersebut memiliki pemikiran dan kebiasaan yang mengubah hidup mereka. Apa itu?

Belajar dari kesalahan

Bertahan pada pemikiran selalu saya yang benar, dan menganggap diri lebih baik dari orang lain, bukanlah pemikiran yang akan membawa kamu merangkak menuju kesuksesan. Pasalnya rendah hati, mengosongkan gelas saat bertemu orang lain, dan mau belajar dari kesalahan adalah salah satu syarat jika ingin selangkah lebih maju.

Ingin terlihat pintar dan superior itu sangat manusiawi. Tapi bukankah lebih baik untuk bertanya kesalahan apa yang pernah orang lain buat hingga bisa berdiri seperti hari ini. Tetaplah waspada dan hati-hati, agar kamu tidak perlu mengulang kesalahan yang orang lain pernah buat.

Sharing is caring

Tahukah kamu salah satu investasi terbesar dalam hidup adalah memberi. Bukan saja membawa kebahagiaan untuk orang lain, tapi juga untuk diri sendiri. 

Meskipun terlihat seperti ada yang berkurang dari apa yang kita miliki, namun sebenarnya kita sedang menambahkan hidup dengan kebahagiaan, sekaligus berinvestasi di dunia maupun kehidupan mendatang. Tidak masalah besar atau kecil pemberian tersebut, asalkan melakukan dengan senang hati maka pemberian tersebut memiliki arti yang besar. Buat diri kamu berdampak untuk sekitar.

Bekerja dengan semangat 

Ada kalanya dalam pekerjaan kita menemukan masalah, bahkan harus mengalami jatuh bangun yang sering membuat rasa lelah, ingin berhenti saja. Maka dari itu saat bekerja kita perlu memberi passion di dalamnya, agar terasa lebih ringan saat profesi pekerjaan tersebut. Seperti pepatah mengatakan “You can do anything as long as you have the passion, the drive, the focus, and the support.” —Sabrina Bryan

Segala sesuatu dimulai dari pikiran yang positif, dan dari situlah kamu bisa memulai hidup yang lebih baik, dalam bekerja maupun kehidupan.